Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa di SDN Wilayah I Suli Kabupaten Luwu

oleh: Jumranah
II. KAJIAN PUSTAKA
2. Model Pembelajaran Time Token Arends

a. Pengertian Time Token Arends

Time Token Arends adalah model pembelajaran khusus dilakukan oleh seorang guru dalam pembelajaran kooperatif denuan menggunakan kartu-kartu untuk berbicara, time token dapat membantu pesan serta lebih merata pada setiap siswa.
Time Token Arends pertama kali dikenalkan oleh Spencer Kagan, dkk (Lie, 2002). Time Token Arends adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural yang menekankan pada struktur-­struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Struktur Kagan menghendaki agar para siswa bekerja saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif struktur tersebut dikembangkan sebagai bahan alternatif dari struktur kelas tradisional seperti lebih mengacungkan tangan terlebih dahulu untuk kemudian ditunjuk oleh guru untuk menjawab pertanyaan yang telah dilontarkan. Suasana seperti ini menimbulkan kegaduhan dalam kelas karena para siswa saling berebut untuk mendapatkan kesempatan menjawab pertanyaan menurut Triyana (Rahayu, 2008).
Pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural tersusun atas kelompok yang terdiri dari dua, tiga, empat, sampai enam orang dengan kemampuan dan latar belakang yang berbeda. Struktur yang dikembangkan ini lebih menghendaki siswa bekerja saling membantu dalam kelompok kecil dan penghargaan yang diberikan secara kooperatif. Ada dua macam pengembangan dalam pendekatan struktural yaitu untuk meningkatkan perolehan akademik, untuk mengajarkan keterampilan sosial dan keterampilan kelompok yaitu Time Token dan High Talker Tap Out (Ibrahim, 2000: 26).
Upaya mengatasi hal ini dikembangkan suatu bentuk atau pendekatan dalam pembelajaran kooperatif yang disebut dengan Time Token Arends. Menurut Ibrahim (2000:15) Time Token Arends adalah:
Suatu kegiatan khusus yang dilakukan oleh seorang guru dalam pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kartu-kartu untuk berbicara, Time Token Arends dapat membantu membagikan peran serta lebih merata pada setiap siswa.
          
BAB I, II, III, dan Lapiran. Download Lengkapnya disini: PROPOSAL