Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa di SDN Wilayah I Suli Kabupaten Luwu
oleh: Jumranah
II. KAJIAN PUSTAKA2. Model Pembelajaran Time Token Arends
a. Pengertian Time Token Arends
Time Token Arends adalah
model pembelajaran khusus dilakukan oleh seorang guru dalam pembelajaran
kooperatif denuan menggunakan kartu-kartu untuk berbicara, time token dapat membantu pesan serta lebih merata pada setiap
siswa.
Time Token Arends pertama
kali dikenalkan oleh Spencer Kagan, dkk (Lie, 2002). Time Token Arends adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif
struktural yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk
mempengaruhi pola interaksi siswa. Struktur Kagan menghendaki agar para siswa
bekerja saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif struktur
tersebut dikembangkan sebagai bahan alternatif dari struktur kelas tradisional
seperti lebih mengacungkan tangan terlebih dahulu untuk kemudian ditunjuk oleh
guru untuk menjawab pertanyaan yang telah dilontarkan. Suasana seperti ini
menimbulkan kegaduhan dalam kelas karena para siswa saling berebut untuk mendapatkan
kesempatan menjawab pertanyaan menurut Triyana (Rahayu, 2008).
Pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural
tersusun atas kelompok yang terdiri dari dua, tiga, empat, sampai enam orang
dengan kemampuan dan latar belakang yang berbeda. Struktur yang dikembangkan
ini lebih menghendaki siswa bekerja saling membantu dalam kelompok kecil dan
penghargaan yang diberikan secara kooperatif. Ada dua macam pengembangan dalam
pendekatan struktural yaitu untuk meningkatkan perolehan akademik, untuk
mengajarkan keterampilan sosial dan keterampilan kelompok yaitu Time Token dan High Talker Tap Out (Ibrahim, 2000: 26).
Upaya mengatasi hal ini dikembangkan suatu bentuk atau
pendekatan dalam pembelajaran kooperatif yang disebut dengan Time Token
Arends. Menurut Ibrahim (2000:15) Time Token Arends adalah:
Suatu kegiatan khusus yang dilakukan oleh seorang guru
dalam pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kartu-kartu untuk berbicara, Time
Token Arends dapat membantu membagikan peran serta lebih merata pada setiap
siswa.
BAB I, II, III, dan Lapiran. Download Lengkapnya disini: PROPOSAL
14 Comments
passwornya utk donload proposal apa? please bantu :)
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteudah liatkan aku hapus sekarang
ReplyDeleteminta tolong kirim password donk..
ReplyDeletekirim ke rizza.mariaulfa@gmail.com. ajh kalo ga bole dishare luas..
perluu bnget,, sya jg lg ambil eksperimen time token nh..
thx..
tolong kirimin passwordnya dong.
ReplyDeletekirimin ke sini ya, novi_ni45@yahoo.co.id, makasih
Silahkan Cek Emailnya
Deleteminta pw nya ya, tolong dkirim ke imihanni@gmail.com,
ReplyDeletemksiih
boleh tolong kirimin passwordnya g' ke email ku ke fitri3_pekopon@yahoo.co.id. penting banget soalnya. Makasih
ReplyDeleteSilahkan Cek Emai lnya... cepat lihat.. aku akan ubah passwodnya 2 hri terhitung hari ini
Deletemohon kirimkan passwordnya dong ke email ku sugiartini_made@yahoo.com
ReplyDeleteplease.... thank u sebelumnya....
Silahkan Cek Emai lnya... cepat lihat.. aku akan ubah passwodnya 2 hri terhitung hari ini
Deleteminta pw nya donk... please bangetttt....
ReplyDeletethanks
kak,,,saya lagi butuh referensi dari pembelajaran tome token,,,saya lihat dari postingannya,,,kakak ada ngambil dari kooperatif learning karangan muslimin ibrahim,,,saya lagi butuh buku itu,,,,apa kakak punya???
ReplyDeletekalau ada bisa tolong kabari saya di email saya rozadwiningsih@yahoo.com
terima kasih.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeletePost a Comment
Jangan menjadi Pembaca yang bisu. Tinggalkan KOMENTAR ANDA, demi kelancaran postingan berikutnya. Terima Kasih