Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan,
Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
| 
   Lokasi
    | 
  
   Kec. Suli Barat, Luwu  | 
 
| 
   Lingkup
  Pendidikan   | 
  
   SMK
  NEGERI 7 LUWU  | 
 
| 
   Tujuan
  yang ingin dicapai  | 
  
   Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan
  menggunakan model pembelajaran Project
  Based Learning pada Komputer dan jaringan dasar di Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 7 LUWU  | 
 
| 
   Penulis
    | 
  
   HELMI
  YUNAR, S.Pd.  | 
 
| 
   Tanggal
    | 
  
   17 Januari 2023  | 
 
| 
   Situasi:  Kondisi
  yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
  dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.   | 
  
   Kondisi latarbelakang masalah: Pada
  praktik pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013, masih terdapat
  beberapa kekurangan yang dilakukan, sehingga menyebabkan : 1)  
  Rendahnya minat baca siswa; 2)  
  Suasana belajar mengajar yang
  kurang kondusif Mengapa praktik ini penting
  untuk dibagikan: Dari hasil
  refleksi pembelajaran yang sudah saya lakukan, siswa saya cenderung senang
  dan aktif dalam proses pembelajaran. Maka dari itu saya ingin membagikan
  pengalaman praktik pembelajaran ini sebagai bahan referensi bagi rekan –
  rekan guru dalam merancang perangkat pembelajaran sampai melaksanakan
  pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning diharapkan
  dapat memotivasi diri saya sendiri dan juga bisa menjadi referensi bagi rekan
  guru lain Sebagai seorang guru, saya bertanggung jawab dan berperan
  penting dalam melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, efektif dan
  menyenangkan dengan menggunakan metode, media, model pembelajaran yang
  inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan minat belajar siswa dapat meningkat
  sesuai dengan yang diharapkan.  | 
 
| 
   Tantangan :  Apa
  saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
  terlibat,  | 
  
   Tantangan yang dihadapi: 1.  Siswa belum paham mata
  pelajaran Komputer dan jaringan dasar karena
  masih kelas X. 2.  Masih
  ada siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi
  kelompok. 3. 
  Masih ada siswa yang
  belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya secara berkelompok. Pihak
  yang terlibat: Tentunya pihak yang terlibat secara langsung dalam
  pembelajaran ini adalah Guru dan siswa.
  Berdasarkan tantangan yang ada, maka guru harus dapat memberikan pembelajaran
  yang menarik, menyenangkan dan inovatif agar siswa dapat menjadi tertarik dalam mengikuti pembelajaran untuk
  itu guru akan menerapkan model pembelajaran inovatif untuk memperbaiki proses
  pembelajaran yang selama ini dilaksanakan.  | 
 
| 
   Aksi :  Langkah-langkah
  apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
  digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
  daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini   | 
  
   Langkah-langkah
  untuk menghadapi tantangan: 1.  Siswa belum paham mata
  pelajaran Komputer dan jaringan dasar karena masih kelas X. Cara mengatasi: Mengenalkan mata
  pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kepada siswa kelas X dengan cara memberikan modul, menjelaskan materi
  dengan menggunakan media video pembelajaran atau video tutorial, agar siswa
  lebih tertarik untuk menyimak dan mengamati materi yang dijelaskan sesuai
  dengan metode saintifik yang digunakan dalam pembelajaran.  2.  Siswa belum berani bertanya kepada guru tentang
  materi yang di jelaskan Cara mengatasi: a.  Melakukan pendekatan secara personal dan memberi
  umpan pertanyaan kepada siswa sesuai sintak pada model pembelajaran project based learning yang digunakan dalam
  pembelajaran tersebut, agar siswa mempunyai referensi pertanyaan. b.  Memberikan nilai tambah kepada siswa yang sudah
  berani bertanya dan menjelaskannya kepada siswa. 3.  Masih
  ada siswa yang kurang aktif dalam
  kegiatan diskusi kelompok Cara mengatasi: Memberikan tugas yang mau tidak mau harus dikerjakan
  secara bersama-sama, mengatur posisi tempat duduk dan anggota kelompok serta
  memonitor kegiatan diskusi sesuai sintak model pembelajaran Project Based
  Learning yang digunakan dalam pembelajaran   4.  Masih
  ada siswa yang belum percaya diri
  untuk mempresentasikan hasil laporannya didepan kelas secara berkelompok Cara mengatasi: a.  Melakukan bimbingan kepada setiap kelompok. b.  Memberikan motivasi sebelum siswa melakukan
  presentasi. c.  Menjelaskan tata cara melakukan presentasi yang baik
  dan benar. d.  Memberikan apresiasi kepada kelompok yag melakukan
  presentasi dengan cara memberi penilaian, pujian dan tepuk tangan.  | 
 
| 
   Refleksi Hasil dan dampak  Bagaimana
  dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
  efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa?
  Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
  menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
  dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut   | 
  
   Aksi dari Langkah-langkah yang
  dilakukan berjalan efektif dan menghasilkan dampak sebagi berikut: 1.  Penggunaan model pembelajaran Project Based
  Learning membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar
  dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional yang selama ini sering
  digunakan guru. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa yang meningkat
  dibandingkan dengan sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based
  Learning dan Project Based Learning baik secara mandiri maupun kelompok 2.  Penggunakan media video pembelajaran atau video
  tutorial, presentasi dengan media power point untuk menjelaskan
  materi, serta memberikan modul dan LKPD sebagi sumber belajar membuat siswa
  lebih tertarik mempelajari mata pelajaran komputer dan jaringan dasar Faktor
  keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh penguasaan guru terhadap
  penggunaan model pembelajran dan media pembelajaran pada waktu mengajar di
  kelas Pembelajaran yang bisa diambil dari keseluruhan
  proses tersebut adalah dapat menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam
  memilih dan mengembangkan model dan media pembelajaran  sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
  dengan baik  | 
 
Post a Comment
Post a Comment
Jangan menjadi Pembaca yang bisu. Tinggalkan KOMENTAR ANDA, demi kelancaran postingan berikutnya. Terima Kasih