Proposal ini yah!
ABSTRAK

Nama               : ------------
Nim                 : ------------
Judul       : Pengaruh Religiusitas, Produk dan pelayanan terhadap keputusan nasabah menabung di Brisyariah KCP

Salah satu fungsi bank adalah sebagai intermediary, atau sebagai perantara sehingga bank harus bisa menarik nasabah baik dalam produk, pelayanan lokasinya, pomosinya dan masih banyak lagi. Dilihat masih kurangnya masyarakat kota Polo untuk menabung di Brisyariah KCP kota polo untuk itu beberapa faktor yang mungkin jadi tolak ukur masayarakat kota polo untuk memutuskan menabung di Brisyariah KCP kota Polo yaitu religiusitas, produk dan pelayanan. Tujuan  dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Religiusitas, produk dan pelayanan terhadap keputusan nasabah menabung di BRISyariah cabang Kota polo.
Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel yaitu Random Sampel dengan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 100 responden.  Data diolah dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda serta menggunakan IBM SPSS Statistik 22 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pengaruh variabel religiusitas (X1) berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0,031 < 0,05,  variabel produk (X2) berpengaruh positif signifikan sebesar 0,007 < 0,05 dan variabel pelayanan (X3) berpengaruh positif dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkann dari hasil analisis koefisien determinasi yakni bahwa pengaruh religiusitas (X1), produk (X2), dan pelayanan (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung nasabah (Y)  dengan nilai 36,1% dan selebihnya 63,9% dipengaruh oleh variabel lainnya, yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Adapun variabel yang paling berpengaruh adalah variabel Pelayanan(X3) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05   

Kata kunci : Religiusitas, Produk, Pelayanan, Keputusan Menabung nasabah




Pengaruh Religiusitas, Produk, dan Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah pada BRI Syariah
cabang  Kota Polo

A.          Latar Belakang Masalah
Perkembangan perbankan syariah di Indonesia merupakan suatu perwujudan dari permintaan masyarakat yang membutuhkan suatu sistem perbankan alternatif yang selain menyediakan jasa perbankan/ keuangan yang sehat, juga memenuhi prinsip-prinsip syariah. Perbankan syariah merupakan suatu sistem perbankan yang didasari oleh larangan dalam ajaran agama Islam untuk tidak memungut bunga dalam meminjam uang atau modal atau yang biasa disebut dengan riba.[1]
Perbankan syariah saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, hal ini ditandai dengan hampir setiap bank besar kini membuka bank syariah, selain melayani kebutuhan nasabah, peluang pertumbuhan bisnisnya masih sangat besar. Sejalan dengan peluang tersebut terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi, dalam jangka panjang, bank syariah akan menghadapi perbedaan karakteristik dan sistem keuangan dengan perbankan konvensional, sedangkan dalam jangka pendek, tantangannya adalah permodalan, kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, inovasi Produk yang mampu berkompetensi dan diterima di pasar.[2]



[1]Syamsu Iskandar, Akuntansi Perbankan dalam Rupiah dan Valuta Asing, ( Jakarta; In Media,  2013),  h. 60

[2] Agussalim Daliman, Pengaruh Religiulitas Nasabah terhadap pemilihan Bank Syariah (Skripsi; Palopo: IAIN, 2014), h.3
merupakan karakteristik yang melekat dari suatu produk. Kemungkinan yang terjadi bahwa kebanyakan nasabah pada perbankan syariah juga masih merupakan nasabah perbankan konvensional. Selain itu peneliian yang dilakukan Fauzi juga menunjukkan bahwa faktor pelayanan memiliki pengaruh besar terhadap pilihan menabung pada perbankan syariah disamping faktor religiusitas, kualitas produk dan bagi hasil. Namun berbeda dengan penelitian Utomo yang menunjukkan diantara faktor pelayanan, biaya, pengetahuan, bank syariah lokasi dan promosi yang mempengaruhi pilihan nasabah menabung pada perbankan syariah.[1]
Penulis mengangkat judul penelitian ini karena masih kurangnya minat masyarakat untuk menabung pada bank syariah ini dan variabel apa yang bias menarik keputusan nasabah untuk menabung di Bank syariah khususnya di kota polo, sehingga penulis berinisiatif untuk meneliti faktor yang sangat berpengaruh dalam menarik perhatian masyarakat dalam menabung pada Bank syariah, sehingga dapat kita ketahui variabel yang dapat menarik nasabah dalam menabung di bank syariah, atau kah ketiga factor tersebut sama sama berpengaruh dalam menumbuhkan minat masyarakat  menabung di bank syariah. Apabila sudah diketahui variabel yang sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan nasabah untuk menabung di harapkan kedepannya dapat meningkatkan kereligiusitas pada bank syariah, mengembangkan produk lebih inovatif , dan Pelayanan yang diberikan dapat memuaskan nasabah pada saat melakukan transaksi.  



[1]Alfi Mulikhah Lestari, Pengaruh religiulitas, Produk Bank, Kepercayaaan, Pengetahuan, dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung pada Perbaankan Syariah,  Jurnallmiah http://id.portalgaruda.org/%3Fref%3Dbrowse%26mod%3Dviewarticle%3D27 diakses 14 oktober 2015

Maka dari itu penulis berinisiatif untuk meneliti apa Pengaruh Religiusitas Produk, dan Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada Bank Syariah?
A.       Rumusan Masalah
   Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana pengaruh Religiusitas terhadap minat menabung  pada bank syariah?
2.      Bagaimana pengaruh  Produk terhadap minat menabung pada bank syariah?
3.      Bagaimana pengaruh pelayanan terhadap minat menabung pada bank syariah?
4.      Variabel apa yang paling berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menabung ?
C.        Hipotesis
 Hipotesis merupakan sebuah dugaan, perkiraan, anggapan yang masih perlu di uji kebenarannya.
1.      HI:  Ada pengaruh signifikan terhadap faktor Religiusitas, produk dan pelayanan pada nasabah dalam menabung di Bank Rakyat Indonesia di kota Polo
 2.   HO: tidak pengaruh signifikan terhadap faktor Religiusitas, produk dan pelayanan pada nasabah        dalam menabung di Bank Rakyat Indonesia Maka dari itu dugaan sementara penulis terhadap               penelitian ini adanya pengaruh
1.      faktor Religiusitas, Produk dan pelayanan dalam menarik nasabah untuk menabung dan tertarik untuk menabung di Bank Rakyat Indonesia kota Polo.
D.       Tujuan Penelitian
 Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk:
1.        Mengetahui pengaruh religiusitas terhadap keputusan nasabah menabung  pada bank syariah
2.        Mengetahui pengaruh produk terhadap keputusan nasabah menabung  pada bank syariah
3.        Mengetahui pengaruh layanan yang diberikan terhadap keputusan nasabah menabung  pada bank syariah
4.     Mengetahui variabel yang paling mempengaruhi nasabah dalam  menabung pada bank syariah 



Next ==>>>>