Proposal ini yah!
ABSTRAK
Nama : ------------
Nim : ------------
Judul : Pengaruh
Religiusitas, Produk dan pelayanan terhadap keputusan nasabah menabung di Brisyariah
KCP
Salah satu
fungsi bank adalah sebagai intermediary, atau sebagai perantara sehingga
bank harus bisa menarik nasabah baik dalam produk, pelayanan lokasinya, pomosinya dan masih banyak
lagi. Dilihat
masih kurangnya masyarakat kota Polo untuk menabung di Brisyariah KCP kota
polo untuk itu beberapa faktor yang mungkin jadi tolak ukur masayarakat kota
polo untuk memutuskan menabung di Brisyariah KCP kota Polo yaitu
religiusitas, produk dan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh dari Religiusitas, produk dan pelayanan terhadap keputusan nasabah menabung
di BRISyariah cabang Kota polo.
Metode
penelitian yang digunakan adalah Metode Kuantitatif. Teknik yang digunakan
dalam penentuan sampel yaitu Random
Sampel dengan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Data diolah dan dianalisis menggunakan
regresi linear berganda serta menggunakan IBM SPSS Statistik 22 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh variabel religiusitas (X1)
berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0,031 < 0,05, variabel
produk (X2) berpengaruh positif signifikan sebesar 0,007 < 0,05 dan variabel pelayanan (X3) berpengaruh positif dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkann dari hasil analisis
koefisien determinasi yakni bahwa pengaruh religiusitas (X1), produk (X2),
dan pelayanan (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung nasabah
(Y) dengan nilai 36,1% dan selebihnya
63,9% dipengaruh oleh variabel lainnya, yang tidak dibahas dalam penelitian
ini. Adapun variabel yang paling berpengaruh adalah variabel Pelayanan(X3)
dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05
Pengaruh Religiusitas, Produk, dan Pelayanan terhadap Keputusan
Nasabah pada BRI Syariah
cabang Kota Polo
A.
Latar Belakang Masalah
Perkembangan
perbankan syariah di Indonesia merupakan suatu perwujudan dari permintaan
masyarakat yang membutuhkan suatu sistem perbankan alternatif yang selain
menyediakan jasa perbankan/ keuangan yang sehat, juga memenuhi prinsip-prinsip
syariah. Perbankan syariah merupakan suatu sistem perbankan yang didasari oleh
larangan dalam ajaran agama Islam untuk tidak memungut
bunga dalam meminjam uang atau modal atau yang biasa disebut dengan riba.[1]
Perbankan
syariah saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, hal ini ditandai
dengan hampir setiap bank besar kini membuka bank syariah, selain melayani
kebutuhan nasabah, peluang pertumbuhan bisnisnya masih sangat besar. Sejalan
dengan peluang tersebut terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi, dalam jangka panjang, bank syariah akan menghadapi perbedaan
karakteristik dan sistem keuangan dengan perbankan konvensional, sedangkan
dalam jangka pendek, tantangannya adalah permodalan, kualitas
dan kuantitas sumber daya manusia, inovasi Produk yang mampu berkompetensi dan
diterima di pasar.[2]
[1]Syamsu
Iskandar, Akuntansi Perbankan dalam Rupiah dan Valuta Asing, ( Jakarta; In Media, 2013), h. 60
[2] Agussalim Daliman, Pengaruh Religiulitas
Nasabah terhadap pemilihan Bank Syariah
(Skripsi; Palopo: IAIN, 2014), h.3
merupakan
karakteristik yang melekat dari suatu produk. Kemungkinan yang terjadi bahwa
kebanyakan nasabah pada perbankan syariah juga masih merupakan nasabah
perbankan konvensional. Selain itu peneliian yang dilakukan Fauzi juga
menunjukkan bahwa faktor pelayanan memiliki pengaruh besar terhadap pilihan
menabung pada perbankan syariah disamping faktor religiusitas, kualitas produk
dan bagi hasil. Namun berbeda dengan penelitian Utomo yang menunjukkan diantara
faktor pelayanan, biaya, pengetahuan, bank syariah lokasi dan promosi yang
mempengaruhi pilihan nasabah menabung pada perbankan syariah.[1]
Penulis
mengangkat judul penelitian ini karena masih kurangnya minat masyarakat untuk
menabung pada bank syariah ini dan variabel apa yang bias menarik keputusan
nasabah untuk menabung di Bank syariah khususnya di kota polo, sehingga penulis
berinisiatif untuk meneliti faktor yang sangat berpengaruh dalam menarik
perhatian masyarakat dalam menabung pada Bank syariah, sehingga dapat kita
ketahui variabel yang dapat menarik nasabah dalam menabung di bank syariah,
atau kah ketiga factor tersebut sama sama berpengaruh dalam menumbuhkan minat
masyarakat menabung di bank syariah. Apabila
sudah diketahui variabel yang sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan
nasabah untuk menabung di harapkan kedepannya dapat meningkatkan kereligiusitas
pada bank syariah, mengembangkan produk lebih inovatif , dan Pelayanan yang
diberikan dapat memuaskan nasabah pada saat melakukan transaksi.
[1]Alfi Mulikhah Lestari, Pengaruh religiulitas, Produk Bank, Kepercayaaan,
Pengetahuan, dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung pada Perbaankan Syariah, Jurnallmiah http://id.portalgaruda.org/%3Fref%3Dbrowse%26mod%3Dviewarticle%3D27 diakses
14 oktober 2015
Maka
dari itu penulis berinisiatif untuk meneliti apa Pengaruh
Religiusitas Produk, dan Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah
Menabung pada Bank Syariah?
A.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana
pengaruh Religiusitas terhadap minat menabung pada bank syariah?
2.
Bagaimana
pengaruh Produk terhadap minat menabung pada bank syariah?
3.
Bagaimana
pengaruh pelayanan terhadap minat menabung pada
bank syariah?
4.
Variabel apa yang paling berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam
menabung ?
C.
Hipotesis
Hipotesis merupakan sebuah dugaan, perkiraan, anggapan yang masih
perlu di uji kebenarannya.
1.
HI: Ada pengaruh signifikan terhadap faktor
Religiusitas,
produk dan pelayanan pada nasabah dalam menabung di Bank Rakyat Indonesia di
kota Polo
2. HO:
tidak pengaruh signifikan terhadap faktor Religiusitas, produk dan pelayanan
pada nasabah dalam menabung di Bank Rakyat Indonesia Maka dari itu dugaan
sementara penulis terhadap penelitian ini adanya pengaruh
1.
faktor
Religiusitas, Produk dan pelayanan dalam menarik nasabah untuk menabung dan
tertarik untuk menabung di Bank Rakyat Indonesia kota Polo.
D.
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah di atas, maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk:
1.
Mengetahui pengaruh
religiusitas terhadap keputusan nasabah
menabung
pada bank syariah
2.
Mengetahui pengaruh
produk terhadap keputusan nasabah menabung pada bank syariah
3.
Mengetahui pengaruh
layanan yang diberikan terhadap
keputusan nasabah menabung pada bank syariah
4. Mengetahui variabel
yang paling mempengaruhi nasabah dalam
menabung pada bank syariah Next ==>>>>
Post a Comment
Post a Comment
Jangan menjadi Pembaca yang bisu. Tinggalkan KOMENTAR ANDA, demi kelancaran postingan berikutnya. Terima Kasih