UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA
SISWA KELAS IX SMP N 4 SALAH TIGA
MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED
Oleh
_______________________
__________

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa kelas IX A SMP N 4 Salah Tiga melalui pembelajaran dengan pendekatan open-ended.
          Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMP N 4 Salah Tiga yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran, wawancara siswa, pemberian angket respon siswa, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended yang terdiri dari langkah (1) pengelompokan siswa, yang terdiri dari 4–5 siswa yang disusun heterogen berdasar tempat duduk, (2) menyajikan masalah terbuka berupa soal uraian dalam LKS sehingga siswa dapat menemukan berbagai alternatif cara yang diyakininya, (3) mengeksplorasi permasalahan melalui LKS yang dimiliki setiap siswa, (4) presentasi secara sukarela alternatif penyelesaian soal yang siswa temukan dalam diskusi kemudian ditanggapi oleh teman sekelas, (5) melakukan pembahasan untuk menemukan berbagai alternatif cara penyelesaian soal, menekankan cara penyelesaian, analisis soal, menarik kesimpulan secara bersama-sama dan penguatan kesimpulan dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa di kelas IX A SMP N 4 Salah Tiga. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada tes siklus 1 sebesar 6,88 meningkat menjadi 7,40 pada tes siklus 2. Hasil angket respon siswa dan wawancara menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran dengan pendekatan open-ended.

Kata kunci: kemampuan koneksi matematika, open-ended.

Download  BAB I, II, dan III disin: OPEN